AGAMA DI PERANCIS

AGAMA  DI PERANCIS

AINU NUR AZIZAH

NIM 0906080,Pendidikan bahasa perancis

Agama adalah salah satu hal yang sering di perbincangkan dan sering menjadi ajang kontroversi. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga di Perancis. Perancis adalah sebuah Negara sekuler karena kebebasan beragama adalah hak konstitusional. Beberapa organisasi religius seperti, Scientology, Children of God, Unification Church dan Order of the Solar Temple, menganggap bahwa agama adalah pemujaan .

1. Agama Menurut Para Ahli

Keagamaan Perancis

No Agama Persen
1 Kristen 54%
2 Tak Beragama 31%
3 Agama lainnya atau tak ada pendapat 10%
4 Islam 4%
5 Buddha 1.2%
6 Yahudi 1%

Menurut jajak pendapat januari 2007 oleh Chatolic World News(2003:28) “51%  orang perancis beragama katolik, 31%  agnostic atau ateis,  10% dari agama lain atau tanpa pendapat, 4% Muslim, 3% Protestan, 1% Yahudi.” Berdasarkan pendapat Chatolic world News dapat disimpulkan  bahwa agama katolik adalah agama yang paling banyak diminati oleh orang Perancis, dan 31% orang perancis tidak percaya adanya Tuhan atau ateis dan di ikuti oleh agama lain atau yang tidak tercantum pendapatnya, lalu muslim, protestan, dan yang terakhir yahudi.

Menurut Eurobarometer poll(2005:11)

“34% warga Perancis merespon bahwa ‘mereka mempercayai adanya Tuhan’, sementara 27% menjawab ‘mereka percaya terdapat suatu jenis ruh atau kekuatan hidup’ dan 33% menyatakan ‘mereka tidak percaya adanya suatu jenis ruh, Tuhan, atau kekuatan hidup’ ”.

Berdasarkan pendapat Eurobarometer poll di atas Penduduk Perancis memiliki 34% yang mempercayai adanya Tuhan dan memeluk agama yang mereka yakini. Sedangkan yang tidak mempercayai adanya Tuhan, ruh atau kekuatan hidup (ateis) berbanding 1% dengan penduduk yang mempercayai adanya Tuhan yaitu 33%. Sedangkan sisanya mempercayai bahwa di dunia ini terdapat suatu jenis ruh atau kekuatan hidup.

Menurut World Jewish Congress(2005)

“Jumlah komunitas yahudi di Perancis mencapai 600.000 dan merupakan yang terbesar di Eropa. Dan jumlah Muslim di Perancis selalu bermacam-macam. Yaitu menurut sensus perancis 1999, terdapat 3.7 juta orang dengan ‘kemungkinan kepercayaan Muslim’ di Perancis (6.3% dari total populasi). Tahun 2003, Kementrian Dalam Negeri Perancis memperkirakan jumlah Muslim mencapai 5-6 juta”.

Berdasarkan pendapat World Jewish Congress dapat disimpulkan bahwa jumlah komunitas yahudi di Perancis merupakan komunitas terbesar di Eropa yang mencapai 600.000 . Sedangkan komunitas muslim di perancis selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Yaitu menurut sensus Perancis 1999, terdapat 6.3% dari total populasi yang kemungkinan kepercayaan Muslim di Perancis dari 3.7 juta orang. Sedangkan tahun 2003, Kementrian Dalam Negeri Perancis memperkirakan jumlah Muslim mencapai 5-6 juta. Yang berarti komunitas Muslim di Perancis dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Dalam selisih waktu 4 tahun komunitas Muslim di Perancis bertambah 1.3 – 2.3 juta orang.

2. Kesimpulan

Berdasarkan penelitian dan pendapat para ahli di atas maka dapat kita simpulkan bahwa komunitas pemeluk agama yang tertinggi di perancis yaitu agama Kristen dengan persentase 54 %. Sedangkan jumlah komunitas tidak memeluk agama apapun atau tidak beragama (ateis) menjadi urutan kedua tertinggi setelah agama Kristen dengan persentase 31%. Selain itu, terdapat pula penduduk yang memilih agama lain yang tidak tercantum atau tak ada pendapat yang tersedia diperoleh 10%  yang menempati urutan ketiga setelah agama Kristen dan di ikuti oleh golongan Ateis. Posisi keempat komunitas pemeluk agama di Perancis yaitu agama Islam dengan persentase 4 %. Selanjutnya agama Buddha dengan memperoleh hasil 1.2% menempati urutan kelima yang dipilih penduduk Perancis untuk menjadi agama yang di yakini. Dan yang terakhir dengan persentase 1% penduduk Perancis memilih agama Yahudi sebagai agamanya.

3. Referensi / Daftar Pustaka

Bennylin.2009. “Perancis” [online] tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/paris

News,C.W.2003 “France is no longer catholic survey shows” [online] tersedia:http//perancis.htm#cite note-27

Eurobarometer.2005 “Eurobarometer on social values,science and technology” [online] tersedia: http//perancis.htm#cite_note-EUROBAROMETER-30

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: