Musik Klasik di Perancis

Musik Klasik di Perancis

Yuliani Hajiminawati

NIM 0906741

Pendidikan Bahasa Perancis 1A

Musik Klasik

Musik klasik adalah istilah luas yang biasanya mengacu pada musik yang berasal dari tradisi kesenian barat dan musik orkestra, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.

Musik klasik Eropa dibedakan dari bentuk musik non-Eropa dan musik populer terutama oleh sistem notasi musiknya. Notasi musik barat digunakan oleh komponis untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik mengenai tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme individual, dan pembawaan tepat suatu karya musik. Hal ini membatasi adanya praktek-praktek seperti improvisasi dan ornamentasi yang sering didengar pada musik non-Eropa maupun musik populer.

Sejarah Musik Klasik

Era musik klasik dibagi ke dalam beberapa bagian yaitu:

  • Musik Era Yunani
  • Musik Abad Pertengahan
  • Musik Era Renaissance
  • Musik Era Baroque
  • Musik Era Klasik
  • Musik Era Romantik
  • Musik Era Abad 20 dan Kontemporer

Musik era klasik dimulai dari tahun 1750 hingga tahun 1820. Banyak sekali komposer-komposer terhebat yang pernah ada di dunia musik hidup di era klasik. Sebut saja Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven. Lalu masih ada Luigi Boccherini, Carl Phillipp Emanuel Bach, dan Cristoph Willibald Gluck.

Pada masa transisi antara musik klasik dan romantik juga melahirkan banyak sekali komposer kelas dunia. Bahkan Ludwig van Beethoven juga berkarir di era ini. Era musik klasik juga sering disebut sebagai era musik klasik Viennese karena banyak sekali komposer yang berkarya di Vienna dan membentuk Viennese School antara lain adalah Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig van Beethoven, dan Franz Schubert.

Karakteristik musik era klasik adalah homophonic yang melodinya diatas iringan chord. Musik di era ini juga terkenal sangat indah dan elegan dengan ekspresi dan struktur musik yang dikerjakan sangat sempurna.

Bila dibandingkan dengan musik era Baroque, musik era klasik lebih ringan, lebih mudah, tidak membingungkan, dan tekstur yang jauh lebih jelas. Pada era klasik ini piano mulai dimainkan. Bentuk sonata juga sangat berkembang dan menjadi elemen utama dalam era musik klasik.

Hal terbaik dari musik klasik adalah mereka menjadi elemen dasar dari semua musik di era selanjutnya. Bahkan ada ungkapan bahwa musik klasik tidak akan pernah mati. Banyak sekali komposer di era setelah era klasik yang masih belajar dari karya-karya Mozart dan Beethoven. Bahkan mahakarya dari Beethoven dalam Moonlight Sonata telah menjadi contoh dan inspirasi dari ratusan karya lain setelahnya. Bahkan karya dari Mozart masih dimainkan dan dipelajari dalam harmoni dan orkestra musik. Ciri-ciri musik pada zaman klasik, yaitu:

  1. Menggunakan peralihan dinamik dari lembut sampai keras (cressendo) dan dari keras menjadi lembut (decressendo).
  2. Perubahan-perubahan tempo dengan percepatan (accelerando) dan perlambatan (ritardando).
  3. Hiasan atau ornamentik diperhemat pemakaiannya.
  4. Pemakaian akord 3 nada.

Karya-karya Musisi terkemuka di Perancis

Ada beberapa komposer terkenal Perancis musik klasik yang bertahan lama dan memiliki daya tarik internasional:

1. Hector Berlioz (1803 – 1869)

Hector Berlioz adalah seorang komponis Perancis dari zaman Romantik. Karyanya yang terkenal adalah Symphonie Fantastique, pertama kali ditampilkan pada tahun 1830.

Hector dikirim ke Paris untuk belajar kedokteran pada usia delapan belas tahun. Berlioz merasa ngeri dengan pembedahan dan, walaupun tidak disetujui ayahnya, ia meninggalkan kedokteran dan belajar musik setahun berikutnya. Dia lalu mempelajari opera dan komposisi musik di konservatorium Paris.

Selain Symphonie Fantastique, karya-karya lain Berlioz yang biasa disertakan dalam orkestra sekarang termasuk La damnation de Faust dan Roméo et Juliette. Symphonie Fantastique mengisahkan seorang seniman yang berbakat dengan imajinasi yang hidup yang telah meracuni dirinya sendiri dengan opium karena putus asa dalam cinta yang tidak ada harapan.

2. Georges Bizet (1838 – 1875)

Georges Bizet adalah seorang komponis dan pianis Perancis. Ia terkenal karena karyanya dalam opera Carmen.

Bizet tidak hanya berbakat dalam bidang komponis, namun juga ia dapat menjadi pianis yang baik. Pada tanggal 26 Mei 1861, pada pesta makan malam di Halévys dimana Franz Liszt hadir, permainan Bizet membuat Liszt menyatakannya sebagai salah satu dari tiga pianis terbaik di Eropa. Kemampuannya sebagai pianis juga dipuji oleh Hector Berlioz.

3. Lili Boulanger (1893 – 1918)

Lili Boulanger adalah komponis berkebangsaan Perancis. Lili adalah adik termuda dari komponis Nadia Boulanger.

4. Claude Debussy (1862 – 1918)

Achille-Claude Debussy adalah komponis berkebangsaan Perancis. Musiknya dianggap sebagai peralihan dari zaman musik romantik ke musik modern di awal abad ke-20. Salah satu komposisi pentingnya adalah “Reflets dans l’eau”.

Musik klasik sangat berpengaruh di Perancis dan dunia

Musik klasik sangat berpengaruh di Perancis, apalagi di industri musik yang kian berkembang pesat dan semakin diminati di seluruh dunia. Karya-karya komposer terdahulu yang sampai saat ini terus dimainkan oleh musisi-musisi penerus bukan hanya di Perancis tapi juga di seluruh dunia. Bahkan setiap tahun selalu ada festival musik terbesar di beberapa negara termasuk Perancis yang terus memainkan salah satu atau bahkan beberapa musik mahakarya para musisi dan komposer Perancis terdahulu. Itu berarti musik klasik Perancis diakui kualitasnya oleh dunia internasional. Sampai sekarang musik klasik di Perancis masih terus dikembangkan dengan menggunakan improvisasi sehingga beberapa diantaranya ada yang disebut musik jazz yang semakin diminati sampai saat ini .

Referensi:

http://id.wikipedia.org/

http://www.francethisway.com/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: