SISTEM DAN PENDIDIKAN DI PERANCIS

SISTEM DAN PENDIDIKAN DI PERANCIS

Fradila Yusnita

NIM : ( 0906362)

Pendidikan Bahasa Perancis 1 A

1. PENDAHULUAN Sebagai mahasiswa pendidikan bahasa Perancis sudah sepatutnya kita mengetahui bagaimana seluk beluk pemahaman tentang pendidikan itu sendiri dan juga mengetahui bagaimana sistem pendidikan yang diadakan di negara perancis. Mengingat hubungan indonesia dengan negara Perancis semakin erat khususnya dalam bidang pendidikan maka dari itu sudah sepatutnyalah kita mengetahui bagaimana sistem pendidikan di negara Perancis .

2 . PENGERTIAN PENDIDIKAN Pendidikan merupakan elemen penting dalam membentuk suatu karakter individu yang bertujuan memahami suatu prinsip, konsep,atau teori pendidikan itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut maka konsep, prinsip, atau teori pendidikan yang dibutuhkan dalam praktek pendidikan merupakan landasan bagi berlangsungnya proses pendidikan, dengan demikian landasan yang kokoh dan terarah merupakan pijakan dalam suatu kegiatan pendidikan. Dobbi DePoter, dkk. (2001) menyebutkan bahwa landasan yang kukuh memberikan keyakinan yang kuat akan kemampuan. Kita mengetahui bahwa negara Perancis merupakan salah satu negara di Eropa yang terbilang maju baik dalam pendidikan maupun bisnis. Dalam hal ini yang menjadikan negara Perancis maju ialah pendidikannya yang superior dan consern dalam bidang ilmu pengetahuan. Faktanya negara Perancis peraih penghargaan nobel scientific peringkat 4 dan publikasi ilmiah yang tidak mudah diraih oleh negara lain.

3. SISTEM PENDIDIKAN DI PERANCIS Penerapan sistem pendidikan di Indonesia dengan di Perancis pada umumnya memiliki kesamaan dengan sistem pendidikan di indonesia yang pada dasarnya sistem pendidikan di indonesia merupakan adaptasi dari sistem pendidikan luar negeri. Perbedaan sistem pendidikan tentu saja terletak pada penerapan metode pembelajaran di negara itu sendiri. Di negara Perancis seorang peserta didik mengenyam pendidikan dimulai pada saat anak berusia 2 atau 3 tahun setara dengan play group hingga 17 tahun disana peserta didik langsung diarahkan pada bakat dan minat dan pada pemahaman konseptual, para siswa terbiasa belajar dengan pola keras, disiplin dan dipenuhi dengan tugas. Setelah siswa menempuh pendidikan wajib, bagi mereka yang ingin menempuh ke jenjang perkuliahan mereka akan dihadapkan lagi dengan persaingan yang sangat ketat, untuk lulus dari SMA saja itu merupakan hal yang sangat rumit. Siswa yang terpilihlah yang dapat melanjutkan ke jenjang perkuliahan dengan dihadapkan soal soal oral (essay) yang menuntut pemahaman konseptual sehingga sedikit pula yang dapat masuk ke jenjang universitas. Pendidikan di Perancis tentunya tidak lepas dari peranan pemerintah. Pemerintah Perancis telah menganggarkan 23% pendapatan negaranya untuk pendidikan yaitu adanya pendidikan gratis dari TK hingga SMA dan gaji guru yang besar, disana gaji guru mencapai hingga 50 – 60 juta perbulan. Untuk menjadi guru disanapun tidak mudah mereka yang ingin menjadi guru harus diseleksi sesuai potensi yang dimilikinya. Karena ia akan menjadi tulang punggung dalam menjamin kualitas pendidikan bangsanya.

4.  TINGKATAN JENJANG PENDIDIKAN

Gambaran umum Sistem Pendidikan di Perancis Pada dasarnya ada 4 degree : 1. Maternelle (setara playgroup dan TK) mulai dari umur 2 th

 - Toute Petite Section ( mulai umur 2)

- Petit Section (3 th)

 - Moyen Section (4 th) ~~ TKA

- Grand Section (5 th) ~~ TKB

2. 1ere degree : – Cours Preparatoire (CP) – 6th ~~~SD 1

 - Cours Elementaire (CE1) – 7 th ~~ SD 2

- Cours Elementaire (CE2) – 8 th ~~ SD3

 - Cours Moyen 1 (CM1) – 9 th ~~ SD4

- Cours Moyen 2 (CM2) – 10 th ~~ SD 5

3. 2eme degree : – 1ere cycle 6eme – 11 th ~~ SD 6

- 1ere cycle 5eme – 12 th ~~ SMP 1

- 1ere cycle 4eme – 13 th ~~ SMP 2

- 1ere cycle 3eme – 14 th ~~ SMP 3, menyandang status Colleges dan Memilih ke jurusan Baccalaureat ( jalur umum) ataukah jurusan CAP / BEP (jalur profesionel) 1-2 th setelah bisa langsung kerja.

Berikut adalah jalur Baccalaureat :

- 2eme cycle 2 eme – 15 th ~~ SMA 1

- 2eme cycle 1 ere – 16 th ~~ SMA 2

 - Terminal – 17 th ~~ SMA 3, menyandang gelar BAC-S (Scientific), BAC-ES (Economi) atau BAC-L (Litteraire) tergantung jurusan yang dipilih pelajar.

4. Superieur, ada 3 cabang : -

IUT : Instituts Universitaire de Technologie – 2 th, diplome : DUT / BTS – Universités – 3 th, diplome : Licence – 4 th, diplome : Maitrise – 5 th, diplome : DESS / DEA /DRT – 8 th, diplome : doctorat – Grande Ecole : – ENA : sekolah politik – Polytechnic, diplome : Ingenieur & Scientific – HEC – Untuk sekolah Finance commerce – ENS – sekolah calon guru Berdasarkan hasil pengamatan langsung di Perancis, sistem pendidikan di Perancis dari awal sudah dapat mendeteksi bakat dan kemampuan anak, dan sudah bisa menentukan jurusan sesuai minat anak sejak dini. Jadi tidak semua anak berlomba-lomba ingin menjadi insinyur atau jurusan teknik,. Siswa juga tidak dituntut harus menguasai seluruh mata pelajaran, akan tetapi cukup hanya basicnya saja, baru bidang yang sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa dipelajari secara lebih mendalam, sehingga lebih fokus. Apalagi yang berminat melanjutkan ke Grande Ecole, harus melewati test yang benar-benar ketat untuk bisa masuk. Baru yang tidak masuk, ke universitas biasa. Sebetulnya ada dua macam sekolah tinggi di Perancis, yang pertama adalah Unversitas (yang arahnya lebih ke riset) dan yang kedua adalah Sekolah Tinggi (Grand ecole) yang arahnya lebih kepada mencetak manajer-manajer tingkat tinggi di pemerintahan / private.

5. KESIMPULAN Sebagaimana kita ketahui bahwa disetiap negara memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing jangan jadikan hal tersebut membuat kita menjadi terpuruk justru jadikan hal tersebut sebagai semangat dan cambuk untuk menjadi lebih baik. Manusia dalam melaksanakan fungsi-fungsi kehidupan tidak lepas dan tidak akan lepas dari pendidikan, karena pendidikan berfungsi untuk meningkatkan kualitas manusia baik individu maupun kelompok, baik jasmani, rohani, spiritual maupun kematangan berfikir, dengan kata lain untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan mempelajari dan memahami sistem pembelajaran negara perancis sebagai peserta didik tentunya kita dapat mengubah pola atau cara belajar kita khususnya di negara kita yang selama ini masih kurang baik, justru tanpa adanya sarana penunjang kita harusnya lebih terpacu untuk lebih berprestasi dan tidak ada salahnya jika kita ”mengadopsi” sesuatu hal yang tepat untuk membangun suatu sistem yang baik dalam hal ini tentunya mengenai sitem pendidikan . Terakhir saya ingin ucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah saya ibu Suci Sundusiah M.Pd yang telah memberikan arahan serta penjelasan mengenai artikel yang kami susun dan kepada teman- teman serta pihak lain yang telah membantu kami dalam pembuatan karangan ini. Mohon maaf apabila terjadi kesalahan karena kami dalam tahap proses pembelajaran. Maka dari itu kami harapkan saran dan kritik agar artikel yang kami susun dapat menjadi artikel yang lebih baik lagi.

6. REFERENSI.

Tim Dosen MKDP.2009. Landasan Pendidikan.Bandung : UPI Jim,J.2008. Bahasa Perancis Belajar dari Dasar. Bantul : Smile Book Drs, Matrisoni. 2005. ” Pendidikan dasar dan menengah di Perancis ”. [online].Tersedia: http// http://www.gogle.com. [ 29 oktober 2009]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: