Table Manner dari Perancis Tidak Sulit

Table Manner dari Perancis Tidak Sulit

Dita Eka Puspita

0900527,Pendidikan Bahasa Perancis

Pernahkah Anda menonton film Eiffel I’m in love?.Film yang menceritakan Tita(Shandy Aulia)pergi makan malam ke sebuah restoran mewah  di Perancis bersama kekasihnya Adit(Samuel Rizal),dan Tita dihadapkan dengan bermacam-macam pisau dan garpu diatas meja makannya.Tita yang berasal dari Indonesia tidak begitu terbiasa dengan keadaan seperti itu.Hal itu pula yang sering menghantui sebagian besar masyarakat Indonesia-pada saat menerima undangan makan di restoran-restoran mewah-yang tidak terbiasa dengan etika makan masyarakat Perancis tersebut.Padahal sebetulnya kita tidak perlu khawatir apabila berada dalam keadaan yang seperti itu,cukup tarik nafas dan ikuti cara makan mereka yang sudah terbiasa,atau jika sempat sebaiknya Anda mempelajari etika makan tersebut.Dan berikut ada beberapa yang perlu diperhatikan pada saat makan bersama orang yang memakai table manner.

1.Sikap

a.Cara Duduk

Ketika Anda datang ke restoran mewah Perancis Anda diminta untuk teliti mencari tempat duduk,karena biasanya sudah tercantum nama disetiap bangku,jangan sampai anda menempati tempat duduk orang lain.Lalu pada saat Anda sudah duduk dibangku Anda,sebaiknya tidak menyilangkan tangan,melipat kaki,ataupun menjulurkan kaki kedepan,Anda diminta untuk duduk dengan posisi tegap dan tidak membungkuk.

b.Berbicara Pada Saat Makan

Pada saat makan tidak bisa kita pungkiri bahwa kita sering melakukan percakapan dengan teman makan kita,maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti,berbicara pada saat mulut terisi penuh,itu merupakan hal yang menjijikan dan akan menghilangkan selera makan teman Anda.Maka sebaiknya Anda mengunyah habis makanan sebelum berbicara.Dan juga pada saat berbicara sebaiknya tangan tidak sedang memegang alal-alat makan,karena akan dinilai tidak sopan oleh mereka.

2.Cara Menyantap Makanan

Dalam menyantap makanan,kita masyarakat Indonesia tidak memiliki aturan-aturan khusus.Tetapi orang Perancis memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyantapnya,dari mulai sup,pasta,pizza,roti,spagheti,dan daging.Itulah yang menambah keunikan budaya Perancis.

Untuk menyantap sup,biasanya digunakan sendok khusus sup yang berbentuk lebih bulat.Cara menyantapnya adalah dengan memasukkan bagian terluar sendok,supaya bibir Anda terhindar dari panasnya sendok sup.

Untuk menyantap roti dan pizza,sebaiknya Anda tidak menggunakan alat makan apapun,dan cukup dengan menggunakan kedua tangan Anda dengan cara merobek setiap suapan roti ataupun pizza tersebut.

Untuk menyantap pasta atau spagheti,cukup dengan menggunakan sendok dan garpu saja.Cara menyantapnya,dengan memegang garpu disebelah kiri dan mengambil pasta atau spagheti dengan garpu tersebut dan menggunakan sendok sebagai penahannya.

Dan Anda pun harus lebih berhati-hati dalam menyantap daging,dengan menggunakan pisau dan garpu.Dengan memegang pisau disebelah kanan dan garpu disebelah kiri,lalu posisi pisau harus lurus dan menekan pisau dengan menggunakan telunjuk juga ibu jari dan jari tengah untuk menjepit pisau,posisi garpu harus miring kedalam,dengan posisi jari seperti memegang pisau.

3.Memilih Alat-alat Makan

Ini adalah saat dimana biasanya orang yang belum mengenal table manner Perancis merasa tersiksa,karena banyaknya peralatan makan yang tersedia diatas meja makan.Biasanya,piring makanan utama diletakkan ditengah.Dan bermacam-macam gelas diletakkan disebelah kanan,yang umumnya terdapat tiga macam gelas,yaitu gelas untuk air mineral,untuk anggur putih,dan untuk anggur merah.Dan disampingnya,terdapat bermacam-macam garpu dan sendok untuk makanan utama.Dan Anda bisa memulai dengan menggunakan peralatan tersebut dari bagian terluar hingga yang terdalam.Dan disebelah kiri terdapat hidangan penutup.

4.Memakai Napkin

Napkin dipakai untuk melap bibir atau mulut,dan tidak boleh dipakai untuk melap keringat.Napkin biasanya dipasangkan oleh pramusaji saat kita duduk di kursi makan.Tapi jika tidak pun tidak perlu khawatir,Anda bisa memakainya sendiri dengan cara membuka napkin dan meletakkannya diatas pangkuan Anda.Dan perlu diingat,jika Anda ingin meninggalkan tempat makan dan akan segera kembali,silakan lipat napkin menjadi dua lalu simpan diatas bangku Anda.Tapi jika Anda ingin pergi dan menyelesaikan makan,silakan lipat napkin menjadi dua dan simpan diatas meja makan.

5.Kesimpulan

Setiap negara memiliki budaya yang bebeda-beda,dan indah.Begitu juga dengan Perancis yang memiliki budaya makan yang unik sehingga menjadi pelopor etika makan bagi negara-negara barat.Tapi,tidak ada salahnya jika kita sebagai masyarakat Indonesia yang berbudaya timur mengikuti budaya table manner mereka yang baik tersebut.Dan sebaiknya kita mempelajarinya dimulai dari sekarang juga!.

6.Referensi

Budi, Noor Sulistyo.,Kasniyah, Naniek. 1996.Indonesia. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta.

Femmy.2009.Table Manner Femmy’s Camp.(online)

Tersedia http://fjaco.multiply.com/journal/item/73/TABLE_MANNER

Susanti,Fitri.2006.Table Manner a la Indonesia.(online)

Tersedia http://ncc.blogsome.com/2006/09/04/table-manner-a-la-indonesia/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: