Metode Memasak Perancis sebagai Sarana Pembelajaran Kebudayaan Perancis

Metode Memasak Perancis sebagai Sarana Pembelajaran Kebudayaan Perancis

Rachellea

0906117, Pend. Bahasa Perancis

Seperti diketahui masyarakat pada umumnya, masakan Perancis sangat terkenal dengan ke-elegan-annya. Sama halnya dengan metode memasak yang ditunjukkan oleh Perancis kepada dunia. Seperti yang terkutip dalam kalimat berikut,

“ Masakan Perancis adalah salah satu dunia yang paling elegan gaya memasak, dan sangat menonjol untuk kedua yang konvensional (“haute cuisine”) atau grande teknik masakan dan provinsi. Metode memasak Perancis, gaya, dan peralatan utama telah berdampak pada hampir semua masakan Barat ”.

Berdasarkan kutipan tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa metode memasak Perancis memiliki suatu kekhasan tersendiri dibandingkan dengan negara lain. Lalu bagaimana metode memasak dapat menjadi sarana pembelajaran kebudayaan Perancis itu sendiri ?

Menurut Badudu (1996; 1024) “ Metode/teknik yaitu cara atau aturan yang telah dibuktikan kebenarannya untuk melakukan suatu proses “. Dari pengertian tersebut, dapat penulis simpulkan bahwa yang dinamakan metode memasak adalah suatu cara atau aturan yang benar dan bisa dilakukan untuk melakukan suatu proses memasak.

“ Salah satu metode memasak Perancis sautéeing.

1

Itu berarti memasak makanan dalam mentega atau minyak dalam wajan panas yang cukup tinggi. “Sauter”, atau “melompat” dalam bahasa Perancis, pada dasarnya adalah untuk menjaga makanan yang sedang bergerak atau aduk tumis di atas panas “.

2

Berdasarkan kutipan di atas, dapat penulis simpulkan bahwa dengan metode sauter ini bisa membantu untuk menjaga makanan yang sedang ditumis. Karena seperti yang diketahui, apabila membiarkan tumisan terlalu lama akan mengurangi gizi yang terdapat pada bahan makanan, seperti sayur, daging, atau buah sekalipun.

“ Memasak di Perancis melibatkan sejumlah besar metode memasak Perancis, gaya, dan peralatan, sebagian sederhana dan yang lainnya sangat kompleks. Tidak hanya metode dasar memasak Perancis, gaya, dan peralatan memerlukan keterampilan yang hebat, tetapi mereka juga memerlukan pemahaman yang mendalam bahan “.

Kutipan tersebut menjelaskan kepada kita bahwa dalam metode memasak di Perancis begitu kompleks. Tidak hanya metode dasarnya saja yang kita perlukan, tetapi kita juga memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap bahan-bahan yang akan dijadikan menu makanan.

“ Metode memasak Perancis gaya dan peralatan sangat berkontribusi pada masakan Perancis dan membuat yang terbaik di dunia. Mereka telah mendapatkan kebaikan menjadikannya sebagai seni yang menekankan pada kombinasi rasa lembut “.

Menurut penulis, metode memasak di Perancis begitu istimewa karena mampu menjadikannya sebagai yang terbaik di dunia. Tidak semua negara mampu melakukan hal yang serupa. Metode memasak Perancis itu sendiri telah menunjukkan ciri kebudayaannya. Salah satunya yaitu dengan memakai Bahasa Perancis itu sendiri dalam pemberian nama metodenya.

Seperti dalam pernyataan berikut, “ Hampir semua sekolah kuliner di seluruh dunia menggunakan masakan Perancis sebagai landasan bagi semua bentuk lain memasak “.

Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan  memasak Perancis dapat menjadi landasan, bahkan dapat menjadi trendsetter bagi semua bentuk lain memasak dan digunakan di seluruh sekolah kuliner di dunia. Betapa hebatnya kebudayaan yang diberikan Perancis kepada dunia.

3

Dengan demikian, dapat penulis simpulkan bahwa dengan metode memasak yang begitu elegannya Perancis mampu membuatnya menjadi yang terbaik di dunia. Salah satu metodenya bernama sautéeing yang berasal dari kata ‘Sauter’ atau ‘melompat’. Metode ini dapat kita gunakan untuk menjaga tumisan. Begitu kompleksnya metode yang digunakan sehingga kita tidak cukup jika hanya mengetahui metode apa saja yang digunakan, tetapi kita juga perlu pemahaman yang mendalam terhadap bahan masakan itu sendiri. Metode memasak Perancis telah berkontribusi pada dunia dalam metode-metode memasak yang pernah ada dan dengan memahami metode memasak Perancis sedikit demi sedikit kita mulai mempelajari seperti apa kebudayaan Perancis itu sendiri. Mulai dari cara memasaknya, pemberian nama dalam metode, sampai dengan menjadi trendsetter dalam  dunia masak-memasak.

2009. “ Metode Memasak Perancis, Styles, dan Perlengkapan” [online]. Tersedia http :                                                                              [Oktober 2009]

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: