EIFFEL IKON PERANCIS

EIFFEL IKON PERANCIS

Nurul Amalia Shadriana

NIM : 0906271

Pendidikan Bahasa Perancis A

Perancis merupakan salah satu negara yang sangat berpengaruh di dunia, dimulai dari anggota Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto, dan salah satu negara yang mendirikan Uni Eropa, bahkan negara yang berani mengkritik Amerika. Negara Perancis juga salah satu anggota Paris Club yang memberi bantuan keuangan bagi Negara berkembang. Dari segi teknologi negara Perancis tak kalah oleh Amerika, seperti teknologi otomotive dengan TGV nya/kereta cepat, pesawat Airbus, tehnology telekomunikasi, dan juga industry mobil yang canggih. Selain itu, negara Perancis pun memanjakan kaum wanita dimulai dari fashion, parfum hingga berbagai alat kecantikan, dan menjadikan Perancis sebagai pusat fashion di dunia. Dan yang paling terkenal yaitu menara Eiffel.

Apa itu menara Eiffel? Disebutkan oleh seseorang yang menulis karyanya di Internet, menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. Menara ini dirancang oleh Gustave Eiffel pada tahun 1888 sehingga dinamai menara Eiffel untuk menghargai pencetusnya, arsitekturnya ialah Emile Nouguier, Maurice Koechlin, dan Stephen Sauvestre. Tinggi menara ini 325 meter ditambah antenna setinggi 24 meter. Ketika menara ini selesai dibuat pada tahun 1889, menara ini menjadi bangunan tertinggi di dunia, namun dipertahankan sampai tahun 1930. Sekarang menara Eiffel merupakan menara tertinggi ke 5 di Perancis.

Pembangunan dilakukan oleh 3000 pekerja yang menggabungkan 18.083 bagian besi benam, dengan dua setengah juta paku dalam bentuk struktural. Hal ini sudah diperkirakan dengan baik seperti penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar. Sehingga hanya memakan korban satu orang saja.

Struktur besi menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama, berat menara 1.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.

Perawatan menara dengan menggunakan cat sebanyak 50 hingga 60 ton setiap tujuh tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengkaratan besi. Untuk menjaga penampilannya, dibedakan warnanya menjadi 3 bagian. Bagian gelap di bawah dan bagian terang di atas. Ketika diubah menara ini berwarna coklat-kelabu. Di tingkat bawah terdapat konsol interaktif yang membertahukan pengecetan berikutnya.

Menara Eiffel awalnya akan dibangun di Barcelona untuk pameran Universal 1888, akan tetapi orang yang berkuasa di Barcelona menganggap rancangan Menara Eiffel aneh dan membutuhkan biaya yang banyak dan merasa tidak cocok bila dibangun di Barcelona. Selanjutnya draf ini diajukan dibuat di Paris untuk pameran Universal 1889. Kemudian diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 dan dibuka 6 Mei 1889.

Setelah selesai dibuat, menara ini menimbulkan banyak konflik. Masyarakat berpendapat bahwa menara ini hanya mengganggu pemandangan saja. Tetapi setelah habis kontraknya selama 20 tahun, menara ini tidak dibongkar karena menara ini berguna mulai dari segi komunikasi, militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris digaris depan selama pertempuran Marne pertama, dan juga menjadi monument kemenangan atas pertempuran. Padahal menara ini sangat berpengaruh bagi warga Perancis, selain menjadi salah satu yang di perlihatkan dalam festival Universal, menara ini berfungsi sebagai alat pemancar radio dan televisi terkemuka di Perancis. Namun masyarakat disana lama menyadari akan fungsi menara Eiffel ini.

Hingga sekarang jika mendengar Negara Perancis akan teringat menara Eiffel, dan juga masih tercata sebagai salah satu keajaiban di dunia. Banyak orang yang mengunjungi Perancis  hanya untuk melihat kemegahan menara Eiffel. Tercatat pada tahun 2000 menara ini menerima tamu ke 200.000.000. Manusia di dunia pun sangat antusias terhadap menara Eiffel saat ini. Terbukti sederet judul film, lagu, video klip, dan sebagainya mengambil tema, latar, maupun lokasi syuting tentang atau di Menara Eiffel hal ini sangat menguntungkan bagi Perancis, terutama kota Paris. Dengan adanya menara Eiffel aspek budaya, ekonomi, dan lainnya meningkat. Bahkan di dunia pun tahu akan budayanya selain menara Eiffel. Dan juga bahasa Perancis pun menjadi salah satu bahasa yang bisa dibilang bahasa international kedua setelah bahasa Inggris. Ini di karenakan lebih dari 60 negara menggunakan bahasa Perancis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: