Sang Manusia Abadi dari Perancis

Sang Manusia Abadi dari Perancis

Lia Meirina Widianti

NIM 0906511

Pendidikan Bahasa Perancis

Perancis terkenal dengan sebuah Negara yang klasik  menarik dan cantik penuh dengan legenda dan sejarah yang membuatnya terkenal. Tak heran turis mancanegara dari berbagai penjuru dunia ingin mengunjungi jantung kota Perancis, Paris. Banyak dari mereka yang ingin menyaksikan langsung bagaimana kemegahan bangunan – bangunan bersejarah terutama Menara Eiffel yang dibangun ditahun 31 Maret 1889. Begitu juga dengan karya – karya yang dimiliki para sastrawan pada abad silam dipenuhi dengan karakteristik dan unsur sejarah yang terkesan klasik. Seperti halnya Alexandre Dumas dengan karyanya “Trois Muskeeters” atau yang lebih dikenal “Three Musketeers “. Karyanya merupakan gambaran kejadian nyata pada abad silam. Begitu banyak Negara Perancis menyimpan misteri pada abad silam. Lain halnya dengan para ilmuwan dari Perancis, yang salah satunya menjadi Legenda. Bukan saja karyanya, tapi juga misteri cerita kehidupannya. Perancis memang sangat berkesan saat ini ataupun pada masa silam. Namun apa yang sebenarnya mengejutkan di kota Paris, Perancis Negara yang klasik dan artistik itu?

Manusia abadi tampaknya terkesan begitu misterius. Mengingat pada dasarnya pernyataan itu sulit diterima dengan logika.  Bermula pada abad ke-14, dunia Eropa diguncangkan oleh seorang Alkemis termasyur dan ternama. Namanya tak hanya dikenal sebagai Alkemis tetapi juga sebagai Ilmuwan penemu besar sepanjang abadnya. Karyanya tersohor dan dijadikan sebuah sejarah di Perancis. Selain itu, dia berprofesi sebagai seorang penulis. Salah satu bukunya berjudul Livre des figures hieroglypiques dipasarkan di Paris dan Expotision of the hieroglyphicall di London.

Menurut Michael Scott (2008)

Legenda

Nicholas Flamel terlahir pada tahun 1330. Dia adalah seorang Alchemyst ternama pada abad ke-14. Beliau dikabarkan berhasil menemukan ramuan agar hidup abadi dan menemukan cara mengubah logam biasa menjadi emas. Konon harta kekayaannya diperoleh dari karyanya membuat emas. Sampai saat ini beliau dipercaya masih hidup karena dia berhasil menemukan cara agar badan tetap sehat dan menghentikan proses penuaan juga penyakit.

Fakta

Ketika Nicholas Flamel meninggal pada tahun 1440, makamnya di temukan kosong. Kemudian beberapa tahun setelah berita kematiannya, ia dikabarkan terlihat muncul di beberapa kota Perancis. Begitu juga dengan istrinya. Sampai sekarang sang Alkemis menjadi legenda dan sang Misterius. Namanya diabadikan menjadi salah satu nama jalan di kota Paris, Perancis.

Nicholas Flamel, seorang tokoh yang nyata dalam sejarah yang konon menemukan rahasia hidup abadi. Nama tersebut merupakan daya tarik sendiri bagi masyarakat Perancis. Terlahir di Pontoise Perancis pada tanggal 28 september 1330. Nicholas Flamel sang legenda di abad  ke-14 mendobrak dunia Eropa sebagai sang Alkemis termasyur. Nicholas Flamel dikenal sebagai seorang yang terpandang. Ia menerima pendidikan yang baik sehingga memungkinkan kemampuan ilmiahnya. Dan memang beliau sangat ahli dalam membuat ramuan kimia. Sehingga membuat dirinya tidak sulit untuk menjalani kehidupannya. Karena kehidupannya layak dan sangat mencukupi kebutuhannya. Sampai terdengar kabar bahwa dia menghabiskan hartanya agar tak banyak orang yang menginginkanya. Beliau hanya menyebutkan keluarganya selalu terancam dengan penghasilannya yang tidak terduga itu. Ada yang mengatakan kekayaan terbesarnya diperoleh dari membuat logam biasa menjadi emas. Apakah itu benar? Tetapi masyarakat di dunia masih belum mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan oleh seorang Alkemis itu, untuk mendapatkan emas. Apakah memang benar atau tidak dia dapat mengubah logam biasa menjadi emas. Tetapi ada yang menyatakan bahwa Nicholas menemukan buku dari kulit pohon dengan penutup yang terbuat dari kuningan. Buku yang merupakan teori pengembangan kimia. Akhirnya tersiar kabar pada tahun 1382 Nicholas Flamel membuat proyeksi pada merkuri dan mengahsilkan perak.

Tidak hanya karyanya yang membuat dirinya melegenda sampai saat ini, tapi juga cerita kehidupannya yang masih dipertanyakan sampai saat ini. Banyak kabar tersiar dia seorang yang misterius. Tertulis bahwa Nicholas Flamel meninggal pada tahun 1417. Tetapi salah satu sumber media di Perancis mengatakan dia masih hidup sampai saat ini. Beberapa tahun setelah 1417  beliau kembali muncul di Paris. Tetapi apakah dia merupakan sang legenda atau sang misterius?

Dia tidak hanya mendapat julukan sang legenda, tapi juga sebagai manusia abadi bagi sebagaian orang yang melihatnya di Paris tepat beberapa tahun setelah kematiaannya. Tentu saja hal itu dikaitkan dengan keberhasilannya dalam bidang Alkemis. Disebutkan bahwa ia dapat hidup lebih lama dari usia manusia biasa karena dapat membuat ramuan agar tetap sehat.

Ini yang kemudian menjadi pendobrak ketenaran namanya, Nicholas Flamel sang manusia abadi. Menurut kabar, karyanya yang tersohor itu membuatnya tetap hidup. Konon sang Alkemis itu membuat sebuah ramuan kimia agar penyakit dan tanda penuaan dapat diobati. Akan tetapi, sampai saat ini makamnya ditemukan kosong begitu juga dengan istrinya. Kabarnya dia pernah muncul beberapa tahun setelah kematiannya diumumkan.  Sang legendaris itu terlihat bersama istrinya di berbagai kota di Perancis. Pemerintahan Perancis pun belum dapat mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut, tapi faktanya hingga kini makamnya masih kosong. Sang legendaris Alkemis ini masih dipertanyakan keberadaanya. Masyarakat Perancis pun berharap tentang kebenarannya. Menurut logika tidak mungkin seorang manusia bisa hidup sampai beratus – ratus tahun, tapi apakah mungkin karyanya dapat  membuat  keabadian?

Sampai saat ini namanya masih tetap menghiasi kota Paris sebagai salah satu nama jalan di ibukota Perancis tepatnya rue Nicholas Flamel di 4th Arrodissement, begitu juga dengan istrinya yang dijadikan sebuah nama jalan yaitu de rue Prenelle Flamel. Dan rumah dari Nicholas Flamel sampai sekarang tetap diabadikan dan dijadikan tempat penginapan bernama Auberge Nicolas Flamel di 51 rue de Montmorency, 3rd Paris.

Seiring berjalannya waktu, nama Nicholas Flamel  semakin dikenal oleh masyarakat di dunia. Cerita kehidupannya menjadi inspirasi bagi para penulis novel di Eropa. Khususnya bagi J.K Rowling penulis novel Harry Potter yang menjadikan Nicholas Flamel sebagai salah satu karakter di Film Harry Potter. Begitu juga cerita kehidupan fiksinya dalam beberapa Novel karya Michael Scott yang berjudul “The Alchemyst ( The secrets of the Immortal NICHOLAS FLAMEL ) ceritanya sangat menarik, diambil dari kisah nyata kehidupan Nicholas Flamel dengan sedikit fiksi.

Nama Nicholas Flamel begitu menarik perhatian masyarakat. Banyak orang yang mengenal dan mengenang namanya sampai saat ini.

Referensi

Scott, Michael.2008 The Alchemyst: The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel. Jakarta : Matahati

Scott, Michael.2009. Magician:The Secret of Immortal Nicholas Flamel. Jakarta : Matahati

Selengkapnya mengenai artikel Sang Manusia abadi dan Novel karya Michael Scott dapat dilihat di http://liameirinaw.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: