Memandang Paris dari Pesona “Gadis Besi”

Memandang Paris dari Pesona “Gadis Besi”

Vina Sinaga

Nim  0900214

Pendidikan Bahasa Perancis 1 A

Tak perlu banyak menyebutkan kata kunci untuk mendeskripsikan ‘Paris’. Cukup menyebutkan kata Eiffel (bahasa Perancis : Tour Eiffel, /tur efel/), kita akan langsung teringat pada kota cantik yang memiliki banyak keunikan ini.

Eiffel menjadi simbol yang melekat kuat pada kota Paris, setiap tahunnya sebanyak enam juta pengunjung datang ke Paris untuk melihat keajaiban Negara yang kini dipimpin Nicolaz Sarkozy itu.

Bertempat di Champ de Mars, tepi sungai Seine, Paris, Eiffel dibangun rangka Pameran dunia dan perayaan revolusi Perancis, menara dengan bendera berkibar di puncaknya ini lalu diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889, meskipun mendapat kecaman dan protes yang keras dari penduduk Paris dan kalangan intelektual selama masa pembangunannya. Pemimpin proyek pembangunan ini adalah Tuan Gustave Eiffel, dibantu para insinyur Maurice koechlin dan Emile Nouguier serta Stephen Sauvestre sebagai arsitek.

Rencana proyek pembangunan dimulai tahun 1884. Meskipun semua, pembangunan menara dimulai pada tahun 1887 dan selesai 26 bulan kemudian pada tahun 1889. Telah direncanakan menara ini akan dirobohkan seelah berlangsungnya pekan Pameran Dunia 1900. Akan tetapi, percobaan behasil dari transmisi radio yang dikendalikan oleh Angkatan bersenjata Perancis sebelum hari pemugaran akhirnya menyelamatkan menara Eiffel.

Struktur besi Menara Eiffel berbobo 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen-komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari . Menara ini juga berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin. Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7.300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 persegi denan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder deng an dimensi yang sama, setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara. Dari tanah sampai tiang bendera, tingginya 312.27 meter pada tahun 1889, sekarang 324 meter dengan antenanya.

“Gadis Besi” ini diterangi dengan 352 projektor 1.000 watts dan berkedip setiap setengah jam sekali pada malam hari dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko.

Supaya membuat menara kelihatannya lebih hidup, 4 lampu lasr xenon yang berkekuatan 6.000 watts berputar secara permanen di puncak menara. Terdapat 1.665 tangga bagi pengunjung yang senang olah raga.

Ada 2 buah lift yang naik ke tingkat dua. Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga dan lift. Sebuah loket tiket di menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat itu. Di platform pertama tangga menaik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketiga hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka bagi semua orang yang naik dan turun tergantung apabila mereka telah membeli tiket lift atau tiket tangga.

Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60 ton cat setiap tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk menjaga penampilannya terhadap pengunjung di bawah, tiga warnacat diubah, menara ini dicat coklat-kelabu. Di tingkat pertama terdapat konsol interaktif yang membertitahukan warna pada pengecatan selanjutnya.

Di Menara Eiffel, tujuh puluh dua nama ilmuwan, insinyur dan beberapa orang Perancis terkenal lainnya diabadikan karena jasanya oleh Gustave Eiffel. Nama-nama itu terdapat di sisi menara di bawah balkon pertama. Nama tersebut dihapus pada awal abad ke-20 dan dikembalikan tahun 1986-1987 oleh Societe Nouvelle d’exploitation de la Tour Eiffel,  perusahaan yang dikontrak untuk mengoperasikan bisnis yang berhubungan dengan Menara. Beberapa nama itu antara lain :

  1. Marc  Seguin : Mekanik
  2. Jacques Antoine Charles Bressee : Insinyur sipil dan hidraulik
  3. Claude-Louis Marie Henri Navier : Ahli matematika
  4. Theophile-Jules Pelouze : Ahli Kimia
  5. Louis Breguet : Ahli fisika dan penemu

Daftar ke-72 ini telah dikritik karena tidak memasukkan Sophie Germain, ahli matematika Perancis yang jasanya pada teori elastisitas membantu pembangunan menara ini. Penulis biografi Germain, Mozans, menyarankan agar namanya tidak dimasukkan karena ia seorang wanita.

Walaupun keanggunan Menara ini telah banyak mendapat pujian dari berbagai pihak, tak sedikit pula yang tak menyukainya bahkan mengecamnya. Dari awal pembangunannya, banyak orang yang mengkritik, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris : Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892.

Satu hal lagi yang menarik, pengarang novel-Guy de Maupassant-yang membenci Menara itu, makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak bisa melihat Menara.

Salah satu cliché film Hollywood menampilkan pemandangan dari jendela Paris yang selalu menampakkan menara. Kenyataannya, sejak pembatasan tinggi bangunan di Paris menjadi tujuh tingkat, hanya beberapa bangunan tinggi yang memiliki pemandangan jelas terhadapa menara.

Selama Menara ini berdiri, telah banyak kisah yang menyertainya, seperti :

  • 1902, Menara ini tersambar petir. Puncak setinggi 100 m (330 kaki) harus dibangun kembali dan lampu Menara segera diganti.
  • Bapa Theodor Wulf, Februari 1912, penjahit Austria-Franz Reichelt-tewas setelah melompat 60 meter dari dek pertama Menara Eiffel dengan parasut buatannya.
  • Tahun 1925, pelukis Victor Lustig “menjual” Menara ini sebagai besi tua.
  • Menara ini menerima tanu ke 200.000.000 pada tahun 2002.
  • Pukul 19.20 tanggal 22 Juli 2003, kebakaran terjadi di puncak menara pada ruang persiapan penyiaran. Keseluruhan menara dikosongkan, kebakaran dapat dikendalikan setelah 40 menit, dan tidak ada laporan korban luka.
  • Sejak 2004, Menara Eiffel telah membuat lapangan ski es di tingkat pertama selama musim dingin.

Eiffel memiliki izin berdiri selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota ini telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini telah terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah ijin tersebut kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen  kemenangan pertempuran itu.

REFERENSI

1. Depraz,M.2007.”Sejarah dan Dokumentasi Menara Eiffel”.online

Tersedia : http://parissweethome.com/parisrental/eiffel_my.php

2.  Ikha,F.2008.”Sejarah Singkat Menara Eiffel”.(online)

Tersedia : http://farahikha.wordpress.com/2008/06/25/sejarah-menara-eiffel

3. Watson,William.Paris Universal Exposition : Civil Enineering, Public Works, and Architechture.  Washington (DC),Government Printing Office, 1982.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: