MENTERI KEBUDAYAAN PERANCIS DI TUDUH PEDOFILIA

MENTERI KEBUDAYAAN PERANCIS DI TUDUH PEDOFILIA
Oleh Sindy Puspasari
NIM 0906657 Kelas 1A

Pro dan kontra ternyata terjadi pula di dunia politik Perancis. Menteri Kebudayaan Perancis Frederic Mitterrand adalah salah satu politisi Perancis yang mengalami pro dan kontra karena pengakuannya dalam sebuah buku yang berjudul THE BAD LIFE pada tahun 2005 yang berisi tentang hubungan seksualnya dengan pekerja seks pria di Thailand. Masalah ini muncul ketika Mitterrand membela pembuat film Roman Polanski yang ditangkap di Swiss pada bulan September dan menghadapi ancaman ekstradisi ke AS setelah melakukan hubungan seks dengan seorang anak remaja berusia 13 tahun pada tahun 1997.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN, Mitterrand mengungkapkan bahwa bukunya merupakan campuran dari autobiografi dan fiksi. Dalam satu bagian yang diterbitkan surat kabar Perancis, Le Monde edisi Kamis, Mitterrand menceritakan secara jelas hubungan seksualnya dengan seorang anak laki-laki yang dipanggilnya “Bird”.

Meski dia menggunakan istilah yang menunjukkan bahwa pasangannya adalah seorang anak laki-laki, Mitterrand beralasan jika “anak laki-laki” yang dimaksudnya bukanlah anak dibawah umur. Menurutnya, “kekasih sesaatnya” itu berusia sama dengannya, paling tidak lima tahun lebih muda darinya. Lelaki itu juga menerima bayaran dari Mitterrand untuk berhubungan seksual.

Sejumlah politisi dari seluruh partai mengkritik Mitterrand atas tindakannya. Dan kasus ini menyebabkan ia diminta mundur oleh sejumlah partai dan berbagai LSM. Mitterrand yang secara terbuka megaku kalau dia menyukai sesama jenis, mengatakan bahwa dia sudah berbicara dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy pada Kamis pagi. Menurutnya, sang presiden tetap memberikan dukungan baginya. Dalam wawancara Juli lalu, Sarkozy mengatakan bahwa ia telah membaca buku Mitterrand, dan menilai buku itu sebagai suatu yang berani dan bertalenta.

Walau Perancis termasuk negara yang menganut budaya barat dan kebebasan dalam memilih jalan hidup setiap warga negaranya, namun tetap saja ada pro dan kontra dalam masalah kelainan seksual terutama untuk seorang yang berpengaruh di Perancis. Ternyata masih banyak masyarakat Perancis yang tidak menyetujui jika seseorang mengidap suatu penyakit kelainan seksual yaitu pedofilia. Mereka menganggap tidak sepantasnya seseorang yang telah dewasa menyukai anak di bawah umur sama seperti yang terjadi pada Menteri Kebudayaan Perancis Frederic Mitterrand yang mengalami kasus setelah dia menulis sebuah buku yang berjudul THE BAD LIFE. Dalam bukunya dia juga mengakui telah menyewa seorang pekerja seks lelaki di Thailand saat dia berlibur disana.

Banyak yang beranggapan bahwa tak sepantasnya seorang seperti Mitterrand mengakui aibnya itu didepan umum, apalagi dia mengabadikannya dalam sebuah buku. Seorang Menteri Kebudayaan seperti dirinya seharusnya dapat memberikan contoh tentang kebudayaan secara baik, tidak mengakui kesalahannya secara terang-terangan di depan umum. Ketidak setujuan masyarakat Perancis terlihat dari banyaknya kecaman agar ia segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Kebudayaan. Kecaman datang dari beberapa partai politik dan LSM yang sangat tidak menyukai perilaku Mitterrand.

Pengaruh dari kelakuan seorang yang berpengaruh banyak berdampak juga kepada anak-anak. Sebenarnya budaya setiap negara tidaklah buruk hanya saja setiap negara memiliki pandangan tersendiri tentang nilai-nilai yang ada di dalamnya.

Menurut penulis mengenai masalah ini :

“Masalah ini sebenarnya terjadi karena kesalahpahaman antara Mitterrand sebagai Menteri Kebudayaan Perancis yang juga penulis dari buku yang berjudul THE BAD LIFE dan berbagai partai politik. Seharusnya para partai politik dan LSM dapat menghargai pengakuan Mitterrand tersebut, namun pada dasamya Mitterrand memang bersalah
karena dia telah melakukan tindakan yang menurut banyak pihak tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang Menteri Kebudayaan. Seharusnya dia sebagai Menteri Kebudayaan dapat menunjukkan sikap yang baik dan dapat dijadikan contoh bagi setiap warga negaranya”.

Referensi

kompas.2009.Menteri Perancis Dituduh Terlibat Praktek Pedofilia.[online]
Tersedia http://www.google.co.id. 10 Oktober 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: