Sejarah Berdirinya Menara Eiffel

Sejarah Berdirinya Menara Eiffel

Yuliana Eka Pratiwi
0906431
Pendidikan Bahasa Perancis A

Di Perancis banyak terdapat bangunan  bersejarah, misalnya saja Musee Napoleonin, Sainte Chapelle, dan yang paling terkenal adalah Menara Eiffel. Menara Eiffel adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia, dan menara ini telah menjadi ikon global Perancis. Menara Eiffel juga salah satu struktur paling terkenal di dunia.

Pengenalan Menara Eiffel
Menara Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. Menara Eiffel sekarang adalah menara tertingggi kelima di Perancis dan paling tinggi di Paris.

Sejarah Menara Eiffel
Menurut sumber yang penulis baca, sejak dibangunnya Menara Eiffel, menara ini mendapat banyak kritikan. Misalnya saja, dalam surat kabar harian Paris penuh sekali dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. “Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.”

Menurut Guy de Maupassant ( pengarang Novel ), yang membenci menara itu Ia mengatakan bahwa makan siang di restoran menara setiap hari adalah satu – satunya tempat di Paris di mana kita tidak bisa melihat menara.

Menurut penulis, kebencian Guy de Maupassant terhadap Menara Eiffel pada saat itu terlalu berlebihan. Tetapi pada kenyataannya, sekarang Menara Eiffel menjadi tempat pariwisata yang terkenal dan banyak turis berdatangan dari luar untuk melihat keindahan Menara Eiffel.

Bentuk Menara Eiffel
Saat Menara Eiffel ini dibangun banyak orang – orang terkejut dengan bentuknya yang menantang. Menurut penulis, Eiffel yang dibantu oleh Insinyurnya telah merencanakannya dengan matang. Karena Eiffel mengerti kepentingan kekuatan angin dan tahu bahwa mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia.

Menurut Eiffel dalam Perancis Le Temps ( 14 Februari 1887 ) “ Sekarang untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (…) akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain secara keseluruhan.”

Peristiwa Menara Eiffel
Menara Eiffel banyak sekali mengalami peristiwa
peristiwa. Contohnya :
1. pada tanggal 3 Juni 1902, pukul 9:20 malam petir
menyambar Menara Eiffel.
2. Menara Eiffel sebagai papan iklan untuk Citroën
sejak 1925 hingga 1934.
3. Tanggal 10 September 1889, Thomas Edison mengunjungi menara. Ia menandatangani buku tamu dengan pesan berikut :

“ Kepada Tn. Eiffel sang Insinyur sang pembangun berani Arsitektur modern besar dan asli dari sesorang yang memberikan penghargaan besar untuk semua Insinyur termasuk sang Insinyur Besar sang Bon Dieu, Thomas Edison. ”
4. Bapa Theodor Wulf tahun 1910 melakukan observasi energi pancar yang dipancarkan di atas dan bawah menara, menemukan bagian atasnya lebih dari yang diperkirakan, dan mengawali apa yang saat ini disebut sinar kosmik.
Referensi :

[ Online ] : http//wikipedia.com, http//wapedia.mobi/id/Bahasa_Perancis

2 Responses to “Sejarah Berdirinya Menara Eiffel”

  1. Ririn febriany Says:

    bsa ngk d`tulis scra DETAIL sjrah tTg MENARA EIFFELL??

    • mahasiswaperancis09upi Says:

      this is it. .
      Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889. Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, hanya satu orang yang meninggal.
      Pemandangan Pembangunan Menara Eiffel: di tingkat pertama

      Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. “Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.”[10] Penandatangan surat ini meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.

      Pengarang novel [{Guy de Maupassant]] — yang membenci menara itu — makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak bisa melihat Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai bagian seni bangunan mencolok.

      Salah satu cliché film Hollywood menampilkan pemandangan dari jendela Paris yang selalu menampakkan menara. Kenyataannya, sejak pembatasan tinggi bangunan di Paris menjadi 7 tingkat, hanya beberapa bangunan tinggi yang memiliki pemandangan jelas terhadap menara.

      Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: